Friday 8 April 2016

Tutorial Photoshop - Cara membuat texture dengan mudah (Pattern Overlay Part)

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Tutorial membuat texture dengan mudah di Photoshop. Mengapa saya ingin membahas ini? Karena banyak dari kita saat ingin membuat texture menggunakan photoshop, pasti larinya ke tutorial yang terkadang menyulitkan. Hingga ketika kita mempraktekkan tutorial tersebut, hasilnya tidak sesuai harapan. Mengapa hal itu bisa terjadi? (coba lihat disini).
Padahal sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk membuat texture di photoshop, namun karena ketidaktauan atau tergesa-gesalah yang membuat kita lupa akan hal ini. Daripada kita berlama-lama, mari kita membahas bagaimana membuat texture dengan mudah di Photoshop. Artikel ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Pattern Overlay Part dan Texturizer Part. Oke, kita simak tutorialnya dibawah ini


Pattern Overlay part
Pada Pattern Overlay part ini, saya hanya akan membahas cara membuat texture "Kertas bergaris" dan "Kertas Tua".

A.Cara membuat texture "kertas bergaris".

1. Buka aplikasi Adobe Photoshop terlebih dahulu, lalu pilih menu File > New (Ctrl +N) ukuran bisa kalian atur sendiri. Jangan lupa untuk membuka "lock" dengan cara klik 2x layer Background (maka otomatis berubah menjadi "Layer 0").



2.pilih menu Layer > Layer Style > Pattern Overlay (atau klik tombol fx yang berada di bawah layer 0 > Pattern Overlay). Maka kalian akan mendapati layer sudah terisi dengan pattern berbentuk seperi batu.



3.klik pada tombol yang sudah saya beri tanda (Kotak merah > lingkaran merah > tanda panah) lalu klik Ok.



4.carilah pattern yang bernama "Notebook". Bagaimana cara mengetahuinya? arahkan mouse ke salah satu pattern (tanpa meng-klik)dan tunggu beberapa detik jika nama belum muncul. jika sudah tau dimana pattern "Notebook", klik pattern tersebut dan klik tombol yang beri tanda Kotak merah pada langkah no 3.


(jika ukuran pattern kurang pas, kalian mengaturnya pada scale yang berada di bawah pattern) klik Ok. SELESAI.

5.(TAMBAHAN) jika warna yang dihasilkan pattern kurang pas menurut kalian, klik menu Layer > Layer Style > Create Layer. maka pattern akan terpisah dengan layer 0 namun masih dalam keadaan ter-clipping mask. untuk melepaskannya klik kanan pada pattern lalu pilih release clipping mask. klik kanan pada layer 0 > delete layer (jika kalian tidak memerlukannya).
6.(TAMBAHAN) jika ingin memberi warna pada pattern, klik menu Layer > Layer Style > Color Overlay. Pada blend Mode ganti menjadi Color. Namun jika hanya ingin memberi kesan gelap atau terang maka cukup klik pada layer pattern lalu tekan tombol Ctrl+L (Level) dan atur gelap terangnya, setelah itu klik Ok.

Color Overlay / Level

B.Cara membuat Texture "Kertas tua".


Cara nya hampir sama dengan kertas bergaris, namun yang membedakannya adalah langkah yang wajib dilakukan adalah langkah no.1-6 (untuk langkah no.6, gunakan Ctrl+ L saja, karena untuk menambahkan kesan gelap pada pattern), Dan pattern yang dipilih adalah pattern "Gold Parchment" (masih satu kelompok dengan "Notebook").


Nah, itulah tadi pemabahasan saya mengenai Tutorial membuat texture dengan mudah di Photoshop (Pattern Overlay Part). Sebenarnya masih banyak texture yang bisa dihasilkan hanya dengan Pattern Overlay, seperti texture anyaman, texture kertas kotak, texture bebatuan, dan masih banyak yang lainnya,bagaimana caranya saya bisa membuat itu? Cara adalalah kalian harus berusaha sendiri mencari pattern-nya.

BONUS

untuk texture anyaman kalian bisa ganti Color Paper (yang saya beri tanda panah merah pada langkah no.3) menjadi Patterns, kemudian klik satu per satu pattern disana yang mirip dengan anyaman.
Sedangkan untuk yang lainnya kalian harus cari sendiri ya, hehehe....


No comments:

Post a Comment