Tuesday 29 March 2016

4 Faktor Penyebab Desain Kalian Terlihat Berbeda Dengan Hasil Akhir dari Tutorial

Banyak sekali dari kita yang mulai tertarik belajar desain grafis saat melihat kumpulan foto/video keren yang ada di Internet, baik itu di Google, Facebook, Instagram, dan yang lainnya. Hingga akhirnya kita mencari tutorialnya di Internet, baik berupa teks ataupun video. Namun terkadang kita masih belum puas dengan hasil yang telah kita pelajari dari tutorial. Mengapa bisa begitu? Nah, Serba Sharing akan memberikan 4 faktor penyebabnya menurut Serba Sharing.


(Saya mengambil sudut pandang sebagai pengguna Photoshop)
1.Faktor dari bahan (Foto/Video) yang akan diolah

Mungkin penyebab hasil desain kalian kurang memuaskan karena foto yang kalian gunakan untuk mempelajari editing foto kurang pas dengan tutorialnya. Misalnya jika di tutorial, foto yang digunakan adalah hasil dari kamera digital. Maka kalian harus mencari foto dari hasil jepretan kamera digital, bisa dengan menggunakan kamera digital itu sendiri atau kalian bisa mencari foto dari hasil jepretan kamera digital di internet (Bagi pemula). Bagi kalian yang ingin membuat sesuatu yang berbeda/malas mencari hasil jepretan kamera digital, kalian bisa menggunakan fitur yang disediakan Photoshop itu sendiri untuk memperbaiki foto kalian seperti di Menu Image > Adjustments.

2.Faktor dari Program

jika bukan faktor dari bahan, mungkin penyebabnya ada di program yang kalian gunakan. Mengapa bisa begitu? Karena (Mungkin) Program yang digunakan oleh Si pembuat tutorial sudah ditambah dengan beberapa plugin yang tidak dimiliki program tersebut. Contohnya pada Photoshop : Plugin Topaz.

3.Faktor dari diri sendiri

jika 2 hal diatas bukan menjadi faktornya, maka bisa jadi penyebabnya ada pada diri kalian.Karena bisa jadi kalian langsung mempelajari tutorial yang sulit, padahal kemampuan kalian bisa saja masih dalam level pemula. Atau niat kalian dari awal untuk belajar tutorial sudah salah (Contoh niat yang salah : Belajar Tutorial yang sulit karena ingin dipanggil "Master").

4.Faktor dari Si pembuat tutorial

Faktor yang terakhir ini adalah faktor yang tidak disadari oleh Si pembuat tutorial (termasuk saya), kesalahan dalam penulisan atau pembuatan video tutorial menjadi hal yang fatal (ketidakpahaman, ketidaktauan, bahasa yang sulit dimengerti, dsb) ketika para pembaca dan para viewers tengah mempelajari tutorial yang telah dibuat. Penyebabnya adalah terkadang kami (pembuat tutorial) tidak terlalu mementingkan hal itu dan kami hanya mementingkan para pembaca/viewers bisa langsung menikmati tutorialnya, atau waktu yang kami miliki untuk membuat tutorial hanya sedikit (misal: baterai laptop hampir habis dan lupa bawa charger, waktu billing tinggal 10 menit,dsb). penyebab terakhir adalah kemampuan berbahasa kami yang masih kurang sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penulisan (untuk tutorial bentuk teks).

 Demikian penjelasan mengenai 4 Faktor Penyebab Desain Kalian Terlihat Berbeda Dengan Hasil Akhir dari Tutorial menurut Serba Sharing. Jika masih ada kekurangan dalam hal penulisan berarti saya masih tergolong faktor nomer 4. Dan terima kasih untuk para pembaca sudah meluangkan waktu membaca postingan saya ini.

No comments:

Post a Comment