Wednesday 6 April 2016

Tutorial Photoshop - Membuat Kertas Kusut

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan Tutorial Membuat Kertas Kusut di Photoshop. Mungkin sudah banyak diluar sana tutorial seperti ini, namun tidak ada salahnya jika saya membagikannya kembali disini.
Daripada panjang lebar, mari kita simak tutorialnya di bawah ini :
         

  1. buka terlebih dahulu aplikasi Photoshop (versi apa aja), lalu tekan Ctrl+N (untuk ukuran boleh bebas) kemudian.
  2. akan muncul layer “Background” berwarna putih, klik 2x pada layer tersebut-beri nama pada layer (disini saya menamai layer saya “kertas”) - lalu OK.
  3. berikan warna pada layer tadi menggunakan paint bucket tool dengan warna abu-abu (warna abu-abu harus terlihat terang).
  4. tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer.
  5. pilih layer “kertas copy” di layer pallette.
  6. lalu klik menu filter>render>cloud.
  7.  
  8. ubah mode “paint bucket tool” ke “Gradient tool. Ubah blend mode dari “normal” ke “difference”.Click and drag mouse secara bebas, maka akan menghasilkan gambar seperti pada contoh diatas.
  9. klik menu filter>Stylize>emboss, atur hingga mendekati seperti kertas yang kusut.
  10. Ubah blend mode pada layer “kertas copy” menjadi overlay.
  11. Jika masih kurang pas, ubah warna pada layer “kertas” menggunakan paint bucket tool dengan warna abu-abu yang lebih gelap atau lebih terang.
Nah, itulah tadi Tutorial Membuat Kertas Kusut di Photoshop yang sudah saya bahas. Jika kalian masih kesulitan atau tidak puas dengan hasil yang kalian praktekkan dari Tutorial ini, tidak ada salahnya jika kalian mampir ke sini. Dan terima kasih sudah melaungkan waktu untuk membaca postingan saya ini. 

No comments:

Post a Comment