Saturday 12 March 2016

Tutorial Photoshop - Mengubah foto menjadi Lukisan (Versi 1)

Pada Kesempatan kali ini saya akan memberikan Tutorial Mengubah foto menjadi Lukisan (Versi 1).Mengapa ada tambahan versi 1? apakah ada versi yang lainnya? Ya, Memang ada. Namun itu semua hanyalah versi menurut saya sendiri, karena banyak tutorial di Internet yang serupa tapi menggunakan metode yang berbeda.
Sebenarnya tutorial mengubah foto menjadi lukisan ini adalah pengembangan dari Efek "Kartun Pada Foto" yang pernah saya posting.
Oke, daripada terlalu lama. Mari kita mulai Tutorialnya:
 
Buka Foto yang telah diberi Efek Kartun
  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Photoshop (versi apa aja), dan siapkan foto yang sudah diberi Efek "Kartun". (Jika belum punya, silahkan berkunjung ke sini).
    Ctrl+Shift+N, lalu beri warna putih
  2. Tekan Ctrl+Shift+N untuk membuat layer baru diatas layer foto, kemudian berikan warna pada layer baru tersebut dengan warna #f4f4f4 (Sesuai gambar diatas) menggunakan Paint Bucket Tool.
    Ctrl+E pilih custom brush
  3. Maka otomatis foto akan tertutup oleh warna yang sudah kita pilih tadi. Kemudian kita hapus beberapa bagian pada layer tersebut (yang dimaksud pada gambar adalah Layer 1) mengunakan Eraser Tool. Pada jenisnya, kita ganti ke Spatter 59 pixel dan untuk ukurannya bisa diganti sesuai keinginan.
    hapus bagian tengah menggunakan custom brush
  4. jika sudah memilih ukuran yang cocok, kita mulai menghapus bagian yang tidak perlu pada layer 1 dan menampakkan kembali foto (diusahakan untuk menghapus secara searah, contoh: dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah). Jika selesai maka hasilnya seperti gambar diatas (hanya contoh).
    Filter > Texturizer
  5. Masih pada Layer 1, klik menu Filter>Texture>Texturizer. Pada Texturizer, ubah Texture menjadi "Canvas". Light menjadi "Top Right / Top Left / Bottom Right / Bottom Left" dan Scaling menjadi "200" %. pada Relief, ubah angkanya antara 8-15 (Rekomendasi 10-12).
  6. Lakukan hal yang sama (Langkah no.7) pada layer foto. (PERINGATAN!) Pengaturan harus sama persis dengan Layer 1, Maksudnya ketika kita klik menu Filter>Texture>Texturizer, kita langsung klik OK.
  7. Dan Inilah hasilnya...... 
    Hasil akhir mengubah foto menjadi lukisan

    Nah, itulah tadi Tutorial Membuat Kertas Kusut di Photoshop yang sudah saya bahas. Jika kalian masih kesulitan atau tidak puas dengan hasil yang kalian praktekkan dari Tutorial ini, tidak ada salahnya jika kalian mampir ke sini. Dan terima kasih sudah melaungkan waktu untuk membaca postingan saya ini.

No comments:

Post a Comment